Culture

Nopales, Jenis Tanaman Kaktus yang Bisa Dimakan.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, pernahkah terbayan memakan tanaman yang batangnya hijau dan berduri tajam yang biasa kita bilang kaktus. Ternyata ada jenis kaktus yang bisa dimakan, lho! Namanya nopales. Berikut ini akan saya beri gambar perbedaan kaktus biasa dan nopales:

Kaktus Biasa
Nopales

Bisa dilihat kan perbedaannya? Dan Nopales ini bisa dimakan, lho! Biasanya sebagai sayuran di Taco atau yah sayuran kaya kalo kita makan buncis gitu seperti gambar dibawah ini:

Nopales yang sedang dimasak

Dan Nopales ini juga berbuah, nama buahnya Tuna. Buahnya manis dan banyak bijinya, tapi bijinya bisa dimakan, kok.

Buah Tuna

Demikianlah yang bisa saya ceritakan tentang nopales. Jadi pohon yang diinjak elang di bendera México itu bukan kaktus melainkan nopales.

4 thoughts on “Nopales, Jenis Tanaman Kaktus yang Bisa Dimakan.

  1. Eh, kl buat postingan pelajari dulu. Nopales itu jenis kaktus! Aku mahasiswa IPB tingkat akhir jurusan botani. Jangan buat posting menyesatkan.

    1. Terima kasih koreksiannya mbak Dian. Saya cuma sarjana ekonomi yang ngga pernah belajar botani. Tapi tidak ada maksud saya untuk menyesatkan pembaca. Terima kasih.

      1. Mas dimassuryo, dimana saya bisa mendapatkan tanaman nopal di daerah Jakarta? trimakasih informasinya

      2. memang ada kaktus yg berbuah dan buahnya saja yang bisa di makan dan bisa di bikin sabun,,,,
        saya tau dari tv

Leave a comment