Travelling

Tips Mengapa Saya Bisa Hafal Nama Stasiun Metro di New Delhi dengan Cepat

Namaste!

Setelah beberapa post saya membahas tentang Mehiko, saya jadi pengen bernostalgia lagi sama masa-masa exchange saya di India dulu nih. Hehehe… Jadi ceritanya waktu itu saya bertamasya dengan temen saya dari China namanya Sam Oi Weng untuk berkeliling-keliling New Delhi. New Delhi adalah kota kedua yang pernah saya kunjungi yang punya Metro atau jaringan kereta bawah tanah setelah Singapura.

Sewaktu berkeliling dengan Metro New Delhi, teman saya merasa heran kepada saya,”Dimas, kok kamu bisa hapal nama stasiun Metro di New Delhi dengan cepat, sih?” Mau tahu jawabannya? Silakan lihat gambar di bawah ini dan terutama tujukan mata Anda pada jalur bewarna biru dekat sungai Yamuna:

Peta Jaringan Metro di New Delhi

Mungkin bagi warga Semarang akan lebih ngeh lagi. Ya iyalah gampang hafal saya, lagian nama stasiun Indraprastha… Di Semarang juga ada kali daerah yang namanya Indraprasta :P

Indraprastha dalam dunia pewayangan atau dalam kisah Maha Barata merupakan sebuah tempat dimana disana bersemayamlah lima kesatria yang biasa kita kenal dengan Pandawa Lima.

FYI juga di New Delhi nama sekolah Angkatan Udaranya adalah Subroto Park, lho! Jadi ternyata Subroto itu bukan nama Jawa tapi nama India juga. Subroto itu berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya “Berbakti kepada apa yang benar”.

Leave a Reply

