Culture · History · Travelling

Makna Lambang Yang Tertera di Bendera Meksiko.

Postingan saya di kategori terbaru saya yang berjudul “Todo Sobre México” akan saya mulai dengan menguak makna dibalik bendera México (baca: Méhiko). Mungkin kalian bertanya-tanya, makna lambang bendera México itu apa, sih?

Bendera Mehiko

Maknanya bukan agar kebaikan yang dilambangkan dengan elang selalu memakan kebatilan yang dilambangkan dengan ular meskipun jalannya tajam yang dilambangkan dengan elang menginjak kaktus, bukan saudara-saudara! Makna bendera México tidak serumit itu.

Lambang itu berasal dari ramalan kuno suku Aztec yang mengatakan bahwa

Bangunlah sebuah kota dimana kamu melihat sebuah elang memakan ular diatas pohon kaktus

yang rumit itu bukan maknanya, yang rumit itu dimana mereka bisa menemukan burung elang yang memakan ular di atas pohon kaktus. Namun dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa, bisa saja mereka menemukannya. Mereka menemukannya di sebuah pulau di dalam danau yang berada di sebuah lembah semacam pulau Samosir di Danau Toba gitu, lah. Kemudian didirikanlah sebuah kota disana yang diberi nama Tenochtitlan yang kini lebih dikenal orang-orang sebagai Mexico City.

Tenochtitlan

Apakah saya yang sekarang berada di Mexico City atau Distrik Federal Meksiko (orang Meksiko biasa menyebutnya dengan DF) ini sedang berada di tengah-tengah danau? Setelah kedatangan Spanyol pada abad ke-16 yang dipimpin oleh seorang Consquistador yang bernama Hernan Cortez, dia memerintahkan agar Tenochtitlan ini di rubuhkan dan diatasnya dibangun kota baru yang sesuai dengan pakemnya kota-kota di Eropa. Setelah itu, diuruklah danaunya makin lama makin menghilang dan kini kita sudah tidak bisa lagi melihat danau yang mengelilingi Kota Meksiko. Bahkan kuil besar yang anda lihat di gambar diatas sekarangpun sudah terkubur rapi di Pusat Kota Zocalo. Kita hanya bisa melihat reruntuhannya saja sekarang. Dan konon katanya batu-batu dari kuil kuno itu juga ada yang digunakan untuk membangun katedral-katedral yang ada di pusat kota Meksiko.

One thought on “Makna Lambang Yang Tertera di Bendera Meksiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s