History · Travelling

Cholula, Piramida Terbesar di Dunia

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa Piramida Giza di Mesir adalah piramida terbesar di dunia. Ternyata masih ada yang lebih besar dari Piramida Giza di Mesir. Mungkin piramida ini tidak setinggi piramida Giza, namun secara volume piramida ini jauh lebih besar daripada Piramida Giza. Walaupun hanya memiliki tinggi 65 meter yang masih kalah dengan piramida Giza yang memiliki ketinggian 139 meter, piramida ini memiliki volume sebesar 4.500.000 m³.

Selain diberkahi dengan kekayaan alam yang indah, makanan yang lezat-lezat serta penduduk yang ramahnya luar biasa, perempuan-perempuannya yang cantik bagaikan bidadari yang turun dari surga, México juga diberkahi dengan ribuan peninggalan bersejarah pra-kedatangan Christopher Colombus ke Benua Amerika. Salah satunya adalah Piramida Cholula yang terletak di kota Cholula di negara bagian Puebla. Piramida Cholula atau yang memiliki nama lain Tlachihualtépetl yang berarti bukit yang dibuat oleh tangan diklaim sebagai piramida terbesar di dunia apabila dilihat dari volumenya.

Ketika Anda tiba di kawasan zona arkeologi Cholula ini, Anda tidak akan menemukan posisi piramida itu. Anda hanya akan melihat sebuah gereja yang sangat anggun sekali yang dicat dengan warna kuning berkubah dan memiliki dua menara di atas sebuah bukit. Lalu di manakah letak piramida tersebut? Iya, seluruh piramida itu terkubur di bawah bukit yang ada di kaki gereja tersebut.

 

Apakah Anda melihat di mana letak piramidanya?
Apakah Anda melihat di mana letak piramidanya?

Mendirikan gereja di atas piramid yang terpendam merupakan salah satu cara orang-orang Spanyol terdahulu untuk menyebarkan agama katolik di benua Amerika. Biasanya piramida yang dipendam oleh orang Spanyol adalah piramida dari suku-suku yang menentang kedatangan orang-orang Spanyol di México, karena ada juga beberapa piramida yang selamat dari usaha katolikisasi bangsa Spanyol seperti piramida matahari dan bulan di Teotihuacán, Chichen Itza di Semenanjung Yucatán dan tentunya masih banyak lagi piramida yang selamat dari usaha penghancuran bangsa Spanyol ini.

Menurut Arkeolog Indonesia yang sudah tinggal di México selama lebih dari 10 tahun, Dr. Fitra Ismu, beliau mengatakan bahwa pembangunan gereja di atas bekas piramida dimaksudkan untuk mengundang penduduk pribumi mengunjungi gereja yang dibangun di bekas tempat penduduk pribumi memuja dewa mereka supaya mereka tidak merasakan adanya perbedaan berarti sebelum masa penyebaran agama Katolik dan masa sesudah penyebaran agama Katolik. Setelah mereka bersedia masuk ke dalam gereja, barulah proses Katolikisasi dilakukan.

Pintu Masuk Gereja
Pintu Masuk Gereja
Gereja
Gereja Santuario de la Virgen de los Remedios

Gereja Santuario de la Virgen de los Remedios didirikan pada tahun 1574 tak lama setelah penaklukan Spanyol terhadap suku-suku pribumi yang terletak di México bagian tengah. Menurut Dr. Fitra Ismu lagi, di dekat sekitar kawasan Puebla ini memang terdapat banyak gereja yang apabila kita gali bawahnya, bisa saja kita akan menemukan piramida dibawahnya.

Mungkinkah bukit ini tadinya berupa Piramida juga?
Mungkinkah bukit ini tadinya berupa Piramida juga?

Lalu, darimana kita bisa mengetahui bahwa di bawah gereja ini terdapat piramida? Mungkin foto-foto di bawah ini lebih bisa bercerita.

Sebuah bangunan mirip altar di sisi bukit
Sebuah bangunan mirip altar di sisi bukit
Bagian Piramida yang belum terkubur atau yang sudah tergali?
Bagian Piramida yang belum terkubur atau yang sudah tergali?

Bagian Piramida yang belum terkubur atau yang sudah tergali? Bagian Piramida yang belum terkubur atau yang sudah tergali? Bagian Piramida yang belum terkubur atau yang sudah tergali? Sisa-sisa reruntuhan piramida

 

Menurut keterangan yang saya baca di piramida ini, penduduk pribumi dahulu menggunakan piramida ini untuk mengorbankan anak usia 7-9 tahun kepada para dewa untuk meminta hujan. Harapannya setelah meninggal, sang anak akan bertemu dewa dan bisa meminta kepada-Nya untuk menurunkan hujan di kawasan ini.

Cara Menuju Lokasi Piramida Cholula

Piramida Cholula ini relatif mudah dijangkau dari ibukota México. Caranya adalah dengan menaiki bus dari terminal pusat San Lazaro yang terletak di bagian timur kota ini. Ada banyak cara untuk menuju terminal ini. Anda bisa naik Metro ke terminal ini karena terminal ini terintegrasi dengan stasiun metro juga. Setelah tiba di stasiun San Lazaro, Anda bisa mengikuti papan petunjuk menuju terminal busnya. Sebelumnya saya pernah mengunjungi terminal ini dari luar, kesan pertama saya ketika mendatangi terminal itu kala itu adalah kumuh dan semrawut. Tapi ketika saya mengunjungi terminal ini untuk kedua kalinya dan memasuki terminal ini, ternyata terminal ini luar biasa megah.

Bagian dalam Terminal San Lazaro
Bagian dalam Terminal San Lazaro

Terdapat empat terminal bus besar di Kota México yang terdapat di keempat penjuru mata anginnya dan semua terminalnya besar, megah, indah dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Terminal-terminal di México juga relatif aman selama Anda berada di dalam terminal.

Setelah Anda tiba di Terminal San Lazaro, carilah bus yang menuju ke arah Cholula Puebla. Rata-rata tarif bus yang dikenakan sebesar 100 peso dan lama perjalanan adalah dua jam. Setelah tiba di Cholula, Anda bisa berjalan kaki menuju piramida tersebut karena letaknya tidak jauh dari terminal atau apabila takut tersasar, banyak juga taksi yang siap mengantar Anda menuju piramida tersebut. Tarif taksinya beragam mulai dari 20-40 peso. Untuk memasuki piramida ini sendiri kalau tidak salah dikenakan tarif sebesar 50 peso.

Tertarik untuk mengunjungi piramida ini? Anda harus mengunjungi piramida ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s