Culture

Belajar Bahasa Meksiko

Ketika saya pulang dari Meksiko pada bulan Mei 2012 setelah menjalani pelatihan kerja selama satu tahun di sana, teman-temanku selalu bertanya,”Wah, berarti kamu selama setahun di sana sudah lancar berbahasa Meksiko, dong?”

Senja di Paseo de la Reforma, Kota Meksiko, Kota terbesar kedua di dunia.
Senja di Paseo de la Reforma, Kota Meksiko, Kota terbesar kedua di dunia.

Sebenarnya pertanyaan ini terdengar menggelitik bagi saya tapi sekaligus miris mengetahui fakta bahwa banyak orang Indonesia yang tidak mengenal negara yang luar biasa ini yang terletak di bagian selatan negara Paman Sam. Meksiko terkenal dengan berita-berita tentang pertempuran antar gang narkotik yang selalu ramai diberitakan oleh media nasional dan internasional. Namun media tidak pernah memberitakan bahwa Meksiko juga merupakan negara anggota G20 dengan produksi minyak lebih dari 1,8 juta barel per hari yang dihasilkan oleh perusahaan minyak milik negara bernama Petroleo Mexicano (PEMEX) yang asetnya terbesar kedua di dunia. Media juga tidak pernah memberitakan bahwa Meksiko merupakan negara produsen mobil nomor delapan dunia dan pengekspor mobil terbesar keempat di dunia.

Kembali ke pertanyaan di atas, memangnya bahasa apa sih yang dituturkan di negara berpenduduk 120,8 juta jiwa ini? Sama seperti sebagian besar negara Amerika Latin lainnya, Meksiko adalah negara yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya. Pada tahun 2010, ada 410 juta penutur bahasa Spanyol  dan tersebar di 20 negara di seluruh dunia! Hal ini menjadikan Spanyol sebagai bahasa dengan penutur paling banyak kedua di dunia setelah bahasa mandarin. Setelah itu baru bahasa Inggris menempati urutan ketiga sebagai bahasa terbanyak yang dituturkan di muka bumi. Sekedar info tambahan saja, ternyata bahasa Jawa menempati urutan ke-11 dengan penutur sebanyak 80 juta jiwa. Jadi, tidak ada ruginya kan belajar bahasa Spanyol?

Samakah bahasa Spanyol di negara yang satu dengan negara berbahasa Spanyol lainnya?

Seperti juga bahasa Jawa, bahasa Spanyol yang dituturkan di satu negara berbeda dengan negara lainnya. Namun perbedaannya tidak terlalu mencolok. Hanya mungkin menyangkut perbedaan kosa kata saja seperti misalnya di Spanyol, kentang itu patatas sedangkan di Meksiko kentang itu papas. di Kolombia sedotan itu pitillo sedangkan di Meksiko popote. Namun jangan pernah mengucapkan pitillo di Meksiko, karena pitillo di Meksiko berarti organ genital pria. Itulah susahnya berbahasa Spanyol, kata yang sama di suatu negara bisa berarti berbeda di negara lain dan kadang artinyapun menyenggol ke hal-hal yang berbau pornografi.

Beberapa bahasa pribumi di Meksikopun turut memperkaya kosa kata bahasa Spanyol-Spanyol maupun Spanyol-Mexico. Seperti contohnya kata cokelat yang sudah mendunia, berasal dari bahasa pribumi suku Aztec yang dikenal dengan nama Nahuatl’. Cokelat berasal dari kata xocolātl yang berarti air pahit. Begitu pula dengan Chile yang berarti cabai, berasal dari bahasa serupa yang artinya merah. Namun di beberapa negara Amerika Latin bagian selatan seperti Chile, Peru dan Argentina, cabe biasa dikenal dengan kata Aji.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera belajar bahasa Spanyol!

sumber gambar/fuente de la imagen:

http://www.mexicomaxico.org/Reforma/reforma.htm

5 thoughts on “Belajar Bahasa Meksiko

  1. Que onda :)
    Me quieria saber si podrias darme tu e-mail o Facebook? Estoy bien interesada con tu experiencia de vivir aqui en Mexico y por eso quiero hablar contigo. Soy una intercambista y tambien de Semarang.
    Muchisimas gracias

  2. Hello,
    saya sangat tertarik tengan meksiko, namun saya minim berbahasa spanyol.
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan tentang bahasa spanyol sendiri.
    untuk mempelajari bahasa ini apakah ada tips agar bisa cepat berbahasa Espanyol?
    dan apakah anda mengikuti tempat / lembaga formal untuk belajar bahasa tersebut atau otodidak?
    terakhir, apakah bahasa ini mempunyai pronounciation yang sulit?
    terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s