History · Travelling

Fakta Unik Mengenai Stasiun Tawang dan Tokyo

Stasiun Tawang dan Stasiun Tokyo
Stasiun Tawang dan Stasiun Tokyo

Ada hal-hal yang unik mengenai dua stasiun yang terpisah jarak ribuan kilometer ini bahwa ternyata ada beberapa kemiripan antara dua stasiun ini. Apakah sama-sama diawali huruf “T”? Tentu saja tidak! Itu hanya kebetulan saja. Lalu, apa sajakah persamaan dan perbedaan antara kedua stasiun ini?

Kedua stasiun bersejarah ini akan menginjak usia ke-100 tahun ini. Namun yang berbeda adalah tujuan pendirian dari stasiun ini. Stasiun Tokyo dibangun karena pada saat itu Dewan Kota Tokyo merasa perlu untuk mendirikan sebuah stasiun besar di jantung kota Tokyo. Akhirnya pada tahun 1896, parlemen mengesahkan undang-undang yang menyetujui pembangunan stasiun ini. Setelah tertunda dua kali karena perang dengan Cina dan Rusia, akhirnya pembangunan stasiun ini dimulai pada tahun 1908. Sedangkan stasiun Tawang, tidak banyak diketahui pada tahun berapa stasiun ini dibangun tapi yang jelas stasiun ini rampung dan memang sengaja dikebut agar bisa selesai pada tahun 1914 untuk menyambut tamu-tamu dari luar kota yang akan menghadiri perhelatan akbar se-Asia Tenggara yang akan diadakan di Semarang, Koloniale Tentoonstelling. 

Kemiripan selanjutnya yaitu terletak pada desain stasiun ini. Banyak yang menyangka bahwa Stasiun Tokyo terpengaruh oleh desain stasiun kereta di kota Amsterdam. Walaupun sedikit bukti ditemukan untuk mendukung pendapat ini, namun apabila kita perhatikan bentuk kubah yang ada pada Stasiun Tokyo memiliki kemiripan rancangan dengan kubah yang ada pada Stasiun Tawang. Yang berbeda selanjutnya adalah jumlah lantai yang dimiliki kedua stasiun tersebut. Stasiun Tokyo memiliki tiga lantai sedangkan Stasiun Tawang hanya memiliki satu lantai saja.

Itu tadi sedikit fakta yang bisa saya berikan, semoga ada perasaan berbeda ketika kalian memasuki kedua stasiun ini sebelum dan sesudah membaca artikel ini. Kira-kira apa lagi ya fakta unik antara kedua stasiun ini?

4 thoughts on “Fakta Unik Mengenai Stasiun Tawang dan Tokyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s