History

Tidak Semua Lelaki Gila Akan Tahta

Setelah kita membahas tentang Raja George V, sekarang saya ingin membahas tentang penerus beliau yang merupakan salah satu raja Inggris yang paling sebentar memerintah Inggris dan menjadi satu-satunya raja Inggris yang mengundurkan diri secara sukarela. Dialah Raja Edward VIII.

Bagi saya pribadi, diberi kesempatan untuk menjadi kepala negara dari imperium terluas di dunia dengan beragam suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia adalah sebuah kehormatan tersendiri dan saya akan dengan senang hati mengemban amanah tersebut. Sendiri ataupun dengan pasangan saya.

Namun tidak demikian dengan Raja Edward VIII. Dia lebih memilih menikahi seorang janda dari Amerika Serikat yang sudah dua kali menjanda bernama Wallis Warfield Simpson. Hal ini membuat marah seluruh rakyat Inggris karena pertama, Ny. Simpson bukanlah orang asli Inggris. Yang kedua adalah dia merupakan seorang janda. Sudah dua kali menjanda pula. Tapi begitulah cinta, irasional.

Image
Raja Edward VIII yang kelak bergelar Adipati dari Windsor (Duke of Windsor) bersama istrinya, Wallis Warfield Simpson.

Raja Edward VIII diangkat menjadi raja Inggris pada tanggal 20 Januari 1936 dan turun tahta di tahun yang sama pada tanggal 10 Desember. Tidak ada satu tahun beliau memimpin Imperium Britania. Imperium yang tidak pernah tenggelam mataharinya.

But you must believe me when I tell you that I have found it impossible to carry the heavy burden of responsibility and to discharge my duties as King as I would wish to do without the help and support of the woman I love.

Itu tadi adalah kutipan dari pidato pengunduran diri beliau. Ya mungkin ada benarnya, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa dibalik kesuksesan beberapa pria terdapat wanita hebat pula yang setia mendampinginya. Namun di kasus ini nampaknya karir beliau hancur juga karena wanita.

Hitler Menjanjikan Kembali Tahta Inggris Kepada Raja Edward VIII

Ada satu hal lagi yang membuat resah rakyat Inggris pada kala itu terhadap Raja Edward VIII, yaitu raja Edward VIII memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kanselir dan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler.

Image
Ny. Simpson berjabat tangan dengan Herr Hitler

Ketika pecah Perang Dunia II pada tanggal 2 September 1939, Hitler berniat untuk menguasai seluruh Eropa untuk memberikan ruang hidup (lebensraum) bagi seluruh keturunan murni bangsa Aria, termasuk dengan cara menguasai Britania Raya. Hitler bahkan menjanjikan untuk mengembalikan Raja Edward VIII yang saat itu sudah bergelar adipati untuk bisa kembali bertahta di Inggris apabila pasukan Nazi Jerman berhasil menguasai dan menduduki Inggris. Namun untungnya hal itu tidak pernah terjadi.

Bagaimana dengan Anda? Apabila diminta memilih salah satu antara menikahi wanita yang Anda cintai atau bertahta di imperium terluas di dunia, pilihan mana yang akan Anda ambil?

One thought on “Tidak Semua Lelaki Gila Akan Tahta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s