History · Travelling

Naik Kereta dari Semarang Ke Yogyakarta Lewat Stasiun Bedono

Mana bisa naik kereta dari Semarang ke Jogja? Dulu bisa. Tapi kini jalur kereta api Semarang ke Yogyakarta sudah tidak dioperasikan lagi. Mungkin karena jalurnya yang mendaki bukit dan berkelok-kelok menyebabkan waktu tempuhnya menjadi lebih lama ketimbang naik moda transportasi lainnya seperti mobil, bus dan sang raja jalanan sepeda motor. Namun bukti-bukti jalur kereta yang pernah menghubungkan Semarang dan Yogyakarta ini masih bisa kita lihat hingga sekarang. Bahkan beberapa diantaranya masih beroperasi persis seperti sedia kala tanpa ada modifikasi sedikitpun dari stasiunnya maupun keretanya.

Salah satu saksi bisu dari rute kereta Semarang ke Yogyakarta ini adalah Stasiun Bedono.

Stasiun Bedono tampak depan
Stasiun Bedono tampak depan
Stasiun Bedono tampak belakang
Stasiun Bedono tampak belakang

Stasiun Bedono merupakan salah satu stasiun peninggalan pemerintah Kerajaan Tanah Rendah (Kingdom of The Netherlands) yang tidak mengalami modifikasi sedikitpun. Seluruh bagian dari stasiun ini masih dirawat dan dipertahankan seperti sedia kala seperti ketika stasiun ini baru saja jadi. Berbeda dengan stasiun peninggalan Kerajaan Tanah Rendah lainnya yang sudah mengalami modifikasi seperti Stasiun besar Tawang di Semarang.

Mengambil keterangan dari Ketua komunitas Lopen Semarang, yaitu sebuah komunitas pecinta sejarah dan kawasan Kota Lama Semarang, M. Yogi Fajri mengatakan bahwa stasiun ini masih dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai stasiun pemberhentian terakhir dari kereta wisata uap yang berangkat dari Stasiun Willem I atau kini dikenal sebagai Stasiun Ambarawa.

Pemutar Kereta

Tempat memutar kereta
Tempat memutar kereta

Bagi yang penasaran bagaimana cara mengubah arah kereta agar bisa berbalik arah, di stasiun ini juga kalian bisa melihat lingkaran besar yang biasa digunakan orang zaman dahulu untuk memutar arah kereta dan alat ini masih bisa digunakan hingga sekarang seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas.

Lokasi Stasiun Bedono

Bagi yang ingin berkunjung ke stasiun ini, lokasinya tidak terlalu sulit di jangkau karena stasiun ini terletak persis di depan pesantren Syeh Puji di daerah Secang Ambarawa, Kab. Semarang. Namun jalannya masih beralaskan tanah, batu, dan kerikil sehingga kalau tidak berjalan pelan, Anda tidak akan menyangka bahwa ada stasiun di sana. Tapi jangan khawatir, ada papan petunjuknya kok.

Masih ingin ke Yogyakarta naik Kereta dari Semarang?

Apakah Anda masih bersikeras ingin mencoba naik kereta dari Semarang ke Yogyakarta? Tenang saja, masih ada jalan. Namun caranya agak merepotkan. Caranya adalah sebagai berikut:

Dari Semarang, gunakan kereta ekonomi Kalijaga yang berangkat dari Semarang ke Surakarta dengan tarif Rp 30.000,00

Jadwal Keberangkatan

Semarang Poncol 08:40

Semarang Tawang 08:45

Jadwal Kedatangan

Solo Balapan 11:04

Solo Purwosari 11:15

 

Kemudian dilanjutkan dengan menaikki kereta dari Surakarta ke Yogyakarta dengan kereta Prambanan Ekspres dengan jadwal sebagai berikut

Jadwal Keberangkatan

Solo Balapan 13:30

Solo Purwosari 13:37

Jadwal Kedatangan

Yogyakarta Lempuyangan 14:39

Yogyakarta Tugu 14:43

 

Dan apabila Anda juga bersikeras ingin kembali ke Semarang dari Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, saya sarankan Anda menginap terlebih dahulu di Surakarta semalam sebelumnya, karena kereta ekonomi Kalijaga berangkat dari Stasiun Purwosari pada pukul 5:20.

Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s