Travelling

Di Semarang Ada Daihatsu, di Kota México Ada Combi

Dulu waktu saya masih kecil, atau sekitar dekade 80-an, 90-an, saya masih ingat orang menyebut angkutan kota atau angkot di Semarang itu dengan sebutan Daihatsu karena merk angkot kala itu sebagian besar adalah Daihatsu. Dalam perkembangannya ketika angkot sudah tidak memakai daihatsu lagi, orang sudah jarang lagi menyebut angkot dengan sebutan Daihatsu.

Begitu juga di Kota Mehiko. Mobil yang digunakan untuk angkutan kota di Kota Mehiko dulu dan sekarang yang masih digunakan adalah Volkswagen Combi seperti gambar disamping. Dan perkembangannya, meskipun kini banyak Angkot yang merk-nya Nissan, orang tetap saja menyebut angkot di Kota Mehiko ini dengan sebutan Combi.

Penasaran kan angkotnya Kota Mehiko kaya apa, silakan lihat gambar-gambar di bawah ini:

Bagian dekat pak supir
Bagian belakang angkot

Supir angkot disini berbeda dengan di Indonesia, supir angkot disini sangat memperhatikan keamanan para penumpangnya meskipun cara nyupirnya 11-12 sama supir angkot di Indonesia, sih , tapi setidaknya mereka ini tidak mau menjalankan angkotnya kalau pintunya ngga tertutup. Ada tali tak terlihat yang melilit pintu dan talinya dijulurkan sampai ke pak supir sehingga kalau pak supir ingin menutup pintu, dia tinggal menarik tali yang terjulur di tangan kirinya.

Nah sekarang, bagaimana caranya kalau anda mau berhenti disini? Supir disini sangat benci kalo anda bilang,”kiri pak!” atau “turun sini, pak!”. Jadi alangkah baiknya saat anda naik anda membayar ongkos dan kemudian sampaikan tujuan anda atau antisipasi tujuan anda dua atau tiga blok atau halte sebelumnya.

Yang menarik dari angkot di Kota Mehiko adalah, angkot disini sudah tidak mengenal kernet. Jadi apabila anda duduk di belakang pak supir, secara otomatis anda akan menjadi kernet.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s