Travelling

Macam-macam Bus di México dan Cara Membayarnya

Bagi anda yang hendak bepergian ke Mehiko, mungkin informasi ini akan berguna bagi anda apalagi kalau anda hendak bepergian dengan bus kota di Kota-kota di Mehiko seperti saya. Karena sebagian besar bus di Mehiko sudah tidak mengenal teknologi abad 19-20 yang masih digunakan di Indonesia bernama kondektur atau kernet. Jadi kerja bus di sini sangat efisien sekali! Supir merangkap kondektur. Dan busnya pun bermacam-macam, begitu juga dengan cara membayarnya.

Oleh karena itu, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang mau bepergian di Mehiko terutama yang ingin backpacker-an yang lebih murah dan lebih menantang itu…. Oke, mari kita mulai!

1. Bus Pretren – Guadalajara

Bus Pretren

Bus Merah yang satu ini menjadi primadona saya ketika bepergian ke Guadalajara karena busnya yang besar dan cukup nyaman yang mengantarkan penumpangnya dari Halte Federalismo sampai Aviacion. Tarif bus ini 6 peso atau setara 4000 rupiah. Bagaimana cara membayarnya? Seperti yang anda lihat pada gambar di kiri, ada orang yang sedang membayar ongkos bus ini. Bus ini hanya menerima kartu dan memasukkan uang koin ke mesin yang ada disamping supir (karena uang kertas 6 peso itu nggak ada). Cara memasukkannya harus satu per satu karena mesin ini menghitung setiap koin yang masuk satu persatu. Jadi kalau anda memasukkan koin 5 peso dan 1 peso secara bersamaan, kalau yang diitung sama mesinnya yang lima peso, anda ngga tekor apa-apa. Tapi kalau yang diitung sama mesinnya yang satu peso, wah, anda sudah rugi 3500 karena memasukkan koin tadi secara bersamaan. Jadi caranya masukkan koin anda satu persatu. Dan bus ini tidak melayani kembalian. Kalau anda cuma ada koin 10 peso, yah sebisa mungkin cari pengganti dulu… sayang kan kalo rugi 3.000.

2. Bus Kota Biasa dan Pesero atau Metro mini ala Kota Mehiko.

Tumpukan Koin yang disediakan pak Sopir untuk Memberi Anda Kembalian

Moda transportasi ini adalah moda yang paling pemaaf karena tidak menggunakan teknologi apa-apa jadi masih manual! Sehingga apabila anda membayar dengan uang 100 peso-pun, Insya Allah sang supir akan menyediakan kembalian.

Pesero

Mengenai tarif, tarif bus model ini berbeda di setiap trayek dan kota. Contohnya bus-bus di Guadalajara tarif umumnya adalah 6 peso sedangkan di Kota Mehiko seperti jurusan Six-Flags ke Ciudad Universitaria tarifnya sebesar 4,50 peso. Di Negara Bagian Mehiko lebih nggilani lagi tarifnya, 7 peso! Jadi tarifnya berbeda-beda di tiap zona.

Sedangkan tarif pesero atau Metromininya kota Mehiko beragam. jarak kurang dari 5km bayarnya cuma 3 peso. Jarak 5-12 km bayarnya 3,5 peso. Jarak lebih dari 12 km bayarnya 4 peso.

TRIVIA: Mengapa bus ini disebut pesero? Karena dulu tarif bus ini hanya satu peso.

3. Bus Corevsa, Copesa, Bicentenario, Trolleybus, dll.

PO Koridor Periferico
PO Koridor Revolución
PO Koridor Revolución

Bus-bus diatas adalah bus yang melayani rute di jalan raya-jalan raya Kota Mehiko. Seperti bus Copesa yang melayani trayek sepanjang jalan raya Periferico dari Canal de Chalco sampai Torreo. Kemudian bus Corevsa yang berjalan di jalan raya Revolución, salah satu jalan raya terbesar disini. Ada bagian dari jalan ini yang satu arah dan lebarnya delapan lajur! Orang sini sering menyebut jalan ini sebagai tempat parkir paling besar di kota Mehiko karena macet yang panjang di sepanjang jalan ini.

Kemudian ada pula bus yang berjalan mengelilingi kota seperti sirkuit di balapan mobil yang namanya Bus Circuito Bicentenario yang melayani trayek dari halte Chapultepec, ke airport, lalu ke selatan, ke timur kemudian kembali lagi ke halte Chapultepec. Kemudian ada pula bus yang digerakkan dengan tenaga listrik yang biasa dikenal dengan Trolleybus dengan rute Terminal Bus Pusat Utara kota Mehiko sampai ke Terminal Bus Pusat Selatan Kota Mehiko melewati pusat kota Zocalo.

Lalu bagaimana cara membayarnya?

Ini bukan Tabung Gas!

Seperti bisa dilihat pada gambar di samping, ada tabung hijau berdiri di depan di samping pak supir, itu bukan tabung gas ya ibu-ibu jadi jangan di bawa pulang. Tabung itu adalah celengan untuk membayar tarif bus yang anda naiki. Dan sama seperti Pretren, bus ini tidak menerima kembalian! Jadi yah kalo tarifnya 4,50peso tapi bawa duitnya 5 peso yah diikhlasin aja yah 0,50 pesonya. Sekalian amal.

Bus RTP Circuito Bicentenario
Trolleybus

4. Bus GTP

Bus GTP

Bus putih ini nampaknya bus tua tapi seperti kata pepatah, jangan pernah menilai buku dari sampulnya! Meskipun bus ini tampaknya tua dan bobrok, tapi cara membayarnya cukup canggih ini karena didalamnya ada mesinnya untuk membayar tarif bus ini.

Mesin Kasir Bus GTP

Jadi bagaimana cara membayarnya? Tinggal bilang ke supir anda mau turun dimana, kemudian dengan alat disamping pak kusir semacam kalkulator gitu, dia akan mengkalkulasikan jarak yang akan anda tempuh dengan tarif yang sesuai. Kemudian setelah pak supir bilang misalnya tarifnya empat peso! Masukkan uang anda ke mesin yang tampak seperti gambar di kanan. Dan mesin ini memberikan anda kembalian berikut bukti tertulis juga kalau misalnya anda pengen uang transport anda diganti sama kantor.

5. Metrobus atau Busway-nya Mehiko

Loket Pembayaran Metrobus
Loket Pembayaran Metrobus

berbeda dengan bus-bus diatas yang membayarnya langsung ke pak supir, ketika anda menaiki Metrobus, anda harus membayarnya di loket yang ada di halte-halte pemberhentian bus. Tapi seperti yang saya bilang, Mehiko itu sudah canggih jadi loketnya pun otomatis. Namun seperti bus-bus kebanyakan di atas, mesin ini tidak melayani kembalian. Jadi benar-benar perkirakan berapa kali anda akan menggunakan bus ini, kalau anda akan menggunakannya berkali-kali, bayar 100 peso ngga ada salahnya, lah…

Saya kira demikian dulu yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang akan bepergian dengan bus di Mehiko.

Buen Viaje! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s