Culture · History

Mengapa Negara-Negara di Benua Amerika Bagian Selatan Dijuluki Amerika Latin?

Pertanyaan ini sering muncul diantara kita bersama. Ada yang mengira mereka disebut Amerika Latin karena mereka berbicara dengan bahasa Latin, namun sebagian besar orang yang tinggal di Amerika Selatan sebagian besar berbicara menggunakan Bahasa Spanyol, Bahasa Portugis, dan Prancis, tapi mengapa kawasan ini dijuluki Amerika Latin? Alasannnya tidak lain adalah karena akar bahasa dari ketiga bahasa tersebut adalah bahasa Latin. Bahasa Latin adalah bahasa yang dulunya dituturkan oleh penduduk romawi kuno. Kemudian bahasa ini berkembang dan seiring berjalannya waktu, bahasa ini menjelma menjadi bahasa Spanyol, Portugis, Prancis, Italia, Romania, dan Moldova. Namun demikian, bahasa Latin tetap menjadi bahasa resmi di Vatikan.

Peta Persebaran Bahasa Latin di Benua Amerika antara lain bahasa Spanyol (Hijau), Bahasa Portugis (Oranye), dan Bahasa Prancis (Biru)

Seperti Apakah Bahasa Latin Itu?

Saya pernah mempelajari bahasa Jerman dan Belanda. Bagi saya kedua bahasa tersebut memiliki kesamaan struktur dengan bahasa Inggris. Akar bahasanya sama yaitu Germanic. Kata kerja atau verba selalu berada di tempat kedua setelah subyek. Kemudian salah satu ciri khasnya adalah dengan ditandai adanya kata kerja atau verba modal (modal verb atau modal verben dalam bahasa Jerman) dimana ketika ada  kata kerja modal seperti akan (will), boleh (may/should), bisa (can),  harus (must), selalu (always) dan seterusnya kemudian kata tersebut bertemu dengan kata kerja lain, maka kata kerja tadi  kembali ke kata kerja infinitif atau bentuk pertama.

contoh:

will come to your house

Ich will nach dein haus kommen

Sedangkan bahasa Latin ini tidak mengenal yang namanya verba modal seperti diatas. Namun ada kemiripan dengan bahasa Jerman dimana kata kerja berubah tergantung dari subyeknya.

Contoh:

Tidur

Bahasa Jerman: Schlafen

Saya Ich schlafe
Kamu Du schläfst
Anda Sie schlafen
Dia (laki-laki/perempuan/netral) Er/sie/es schläft
Kami Wir schlafen
Mereka sie schlafen

Bahasa Spanyol: Dormir

Saya (Yo) Duermo
Kamu (Tu) Duermes
Dia (laki-laki/perempuan)/Anda (El/ella/usted) Duerme
Kami (Nosotros) Dormirmos
Kalian (Vosotros) Dormís
Mereka (laki-laki, perempuan) (Ellos/ellas/ustedes) Duermen

Apakah maksud dari tanda kurung pada kata-kata yang menjadi subyek diatas? Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata yang paling terkenal dari Julius Caesar yang berbunyi:

veni, vidi, vici

Saya datang, Saya Lihat, Saya Menang

Namun dari frase di atas, pernahkah anda memerhatikan dimanakah subyeknya? Ya, begitulah bahasa Latin. Anda tidak perlu selalu mengucapkan subyek dalam suatu kalimat. Cukup kata kerjanya saja.

Contoh:

Pertanyaan: ¿Donde está Lisa? (Dimanakah Lisa?)

Jawaban: Duerme atau Está Durmiendo (Dia Sedang Tidur)

Suriname dan Guyana Bukan Bagian dari Amerika Latin

Meskipun bertetangga dengan Kolombia, Brasil, dan Guyana Prancis; Suriname dan Guyana bukanlah bagian dari Amerika Latin meskipun mereka terletak di Benua Amerika bagian selatan karena bahasa resmi Guyana adalah Inggris sedangkan bahasa resmi Suriname adalah bahasa Belanda yang notabene akar bahasanya bukan berasal dari bahasa Latin.

Sumber Gambar: Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s