Culture · Travelling

Katanya Orang Indonesia Kidal Semua

Perkenalkan ini temanku waktu Exchange ke India dua tahun yang lalu yang berasal dari Spanyol yang bernama Carlos Paredes. Dia berasal dari Valladolid, tapi dia adalah penggemar berat Real Madrid. Ketika aku tanya mengapa dia tidak nge-fans dengan Barcelona, dia menjawab bahwa orang-orang di Barcelona tidak nasionalis. Mereka ingin memisahkan diri dari Spanyol melalui organisasi separatis yang bernama ETA. Dia menambahkan bahwa Barcelona bahkan memiliki skuad timnas sepak bola sendiri yang dibentuk untuk melawan timnas sepak bola Spanyol.

Suatu hari kami sedang membunuh waktu dengan diskusi. Kami sedang mendiskusikan tentang menyetir. Carlos sangat senang sekali menyetir dengan mobilnya keliling Valladolid sambil membuka kaca mobilnya dan menyapa orang-orang yang dia kenal disekitarnya. Kemudian kami membicarakan tentang sisi menyetir orang India yang berbeda dengan di Spanyol. Seperti kita ketahui bersama bahwa Spanyol, dan negara-negara daratan Eropa serta Amerika menyetir di sisi sebelah kanan jalan dan setirnya berada di kiri. Sedangkan di Indonesia, India, Jepang, Inggris menyetir di sebelah kiri dengan setirnya berada di sebelah kanan.

Afrika Selatan menyetir mobil di sebelah kiri (kiri), sedangkan Kanada menyetir mobil di sebelah kanan (kanan)

Di sela-sela diskusi kami, Carlos merasa heran dengan orang India. Kok bisa ya, orang India menyetir di sebelah kiri? Berarti orang India kidal semua dong. Carlos berpendapat bahwa negara-negara yang setirnya di kiri seperti Spanyol itu adalah negara yang jalannya didesain untuk pegemudi yang tidak kidal karena mereka menggerakkan batang perseneling dengan tangan kanan. Dia bahkan bertanya kepada saya – karena saya bilang Indonesia juga menyetir di sebelah kiri seperti India – Bukannya sulit ya buat kamu yang ngga kidal kalo memindahkan perseneling pakai tangan kiri? Aku malah punya pendapat sendiri, justru karena aku tidak kidal makannya aku menyetir di kiri, karena setirnya ada di kanan. Kemudian kami menemukan kebuntuan disana… Sehingga kami memutuskan untuk menghentikan diskusi kami yang sepertinya kalau dilanjutkan tidak akan ada habisnya.

Negara yang diberi warna merah adalah negara-negara yang mengemudikan mobilnya di sebelah kanan dan setirnya berada di kiri. Sedangkan yang bewarna biru adalah sebaliknya.

Tapi kalian heran ngga sih, kalau dilihat dari peta diatas, rata-rata negara yang menyetir di kiri itu bekas jajahannya Inggris seperti India, Pakistan, Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura. Tapi Indonesia kan bekas jajahannya Belanda yang nota bene di Belanda sana orang-orang menyetir di sisi kanan jalan. Apa gara-gara Indonesia pernah dijajah Inggris? Tidak mungkin, tahun 1811-1816 kan belum ada mobil. Oh, mungkin karena pernah di jajah Jepang! Jepang kan menyetirnya di kiri juga kaya Inggris. Berarti hebat juga ya Jepang yang menjajah 3,5 tahun bisa mengubah sisi menyetir kita dari kanan ke kiri. Tapi kok Korea yang dijajah Jepang lebih lama dari tahun 1905 kok nyetirnya tetep beda ama Jepang, ya? Coba kita lihat foto dibawah ini:

Ternyata pemerintahan kolonial Belanda-pun dari jaman dulu juga nyetirnya di sebelah kiri! Kok bisa ngga sama dengan yang di Belanda, sih? Jujur saya juga ngga tahu jawabannya. Mari kita tanya pada rumput yang bergoyang :)

3 thoughts on “Katanya Orang Indonesia Kidal Semua

  1. kenapa Indonesia setir kanan walapun penjajah kolonial belanda di negerinya sana setir kiri ada 2 alasan. Alasannya saat masa kolonial mobil2 berkelas/elit yg dipakai oleh pemerintah kolonial Belanda adalah buatan Inggris yang notabene setir kanan.
    kedua adalah pengaruh dari jepang yang masuk melalui export mobilnya.
    CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s