Economy and Business

Tes TOEFL Atau TOEIC?

TOEFL dan TOEIC. Kedua tes ini sama-sama merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk seleksi memasuki organisasi tertentu. Bahkan di Universitas Diponegoro, TOEFL diatas 400 menjadi syarat minimum agar mahasiswa bisa mengikuti sidang skripsi. lalu apa bedanya dengan TOEIC?

Mari kita lihat dari kepanjangannya dulu:

TOEFL : Test of English as a Foreign Language

TOEIC : Test of English for International Communication

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua tes tadi adalah kalo TOEFL itu menguji pemahaman kita tentang bahasa Inggris pada hal-hal berbau akademik, sedangkan TOEIC adalah menguji pemahaman kita mengenai bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari di tempat kerja.

Isi dari kedua tes inipun sama. Sama-sama ada listening, sama-sama ada structure, dan sama-sama ada reading. Tapi mudahan yang mana TOEFL dan TOEIC? Kalau itu relatif ya, tapi menurut saya TOEFL itu memang akademis sekali, lebih ke kesusastraan. Untuk structure sendiri saja ada section tersendiri di section 2. Dan bacaannyapun panjang sekali seperti novel.

Sedangkan TOEIC itu benar-benar simulasi bagaimana anda di tempat kerja nanti apabila anda menggunakan bahasa Inggris. Jadi Listening-nya lebih singkat dan reading-nya pun lebih pendek. Bagi anda yang sebelumnya pernah bekerja dengan orang asing dengan menggunakan bahasa Inggris, pasti anda akan mendapati tes TOEIC lebih mudah daripada tes TOEFL.

Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s