Travelling

Gunung Telomoyo. Salah Satu Gunung yang Puncaknya bisa Didaki dengan Mobil

Ingin mendaki gunung ke puncak gunung, tapi tidak memiliki stamina laiknya pendaki gunung? Atau ingin mendaki gunung tapi ngga punya perlengkapan untuk mendaki gunung seperti para pendaki gunung? jangan berkecil hati dulu… karena ada gunung di kawasan kab. Semarang dan Magelang yang bisa didaki dengan kendaraan entah itu mobil atau motor, yaitu Gunung Telomoyo.

Gunung Telomoyo

Ya, itulah gunung Telomoyo. dengan ketinggian 1.894 m diatas permukaan laut dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus. di Puncaknya terdapat stasiun pemancar milik Telkom yang masih beroperasi.

Inilah tim ekspedisi Telomoyo yang mencoba mendaki puncak gunung Telomoyo dengan Toyota Avanza.

1. Dimas Suryo – C2A 607 046

2. Eka Adhi P – C2A 607 056

3. Novian Rezka – C2A 607 114

4. Octora Kurnia – C2A 607 118

5. Rifki Pambudi – C2A 607 132

Perjalanan dari Semarang menuju puncak Gunung Telomoyo memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam. Kami menuju Gunung Telomoyo hanya bermodalkan peta yang ada di Harian Kompas sebagai petunjuk kami. Dan kamipun juga sempat tersasar alias salah mengambil jalan untuk menuju gunung tersebut. Karena menurut Kompas, kami harus menuju desa Salaran. Tapi kok semakin lama kok gunungnya malah menjauh dari kita, bukannya mendekat? akhirnya kami memutuskan untuk turun dan bertanya dengan warga setempat. Ternyata kami memang salah jalan.Dan akhirnya kami berbalik dan pergi mengikuti petunjuk yang diberikan warga setempat.

Disinilah kami tersasar. Bisa dilihat kan gunungnya berdiri megah di sisi kiri foto.

Kemudian kami memutar dan melanjutkan perjalan kami. Pemandangan di sekitar gunung benar-benar cantik banget. Ditambah lagi dengan daerahnya yang tidak terlalu ramai, benar-benar memberikan ketenangan tersendiri.

jalan menuju Telomoyo tidak terlalu menanjak tapi sangat sempit dan sangat berkelok-kelok seperti bisa dilihat pada gambar di kanan. Sepertinya perjalanan menuju puncak telomoyo ini menjadi tempat nongkrong dan mojok bagi anak-anak sekolahan di sekitar Gunung Telomoyo karena di sepanjang perjalanan menuju ke puncak, kami menjumpai banyak anak-anak SMA sedang nongkrong dengan teman-temannya entah berdua atau ramai-ramai. Maklumlah di desa tidak ada mall. Hanya kecantikan alam ini lah yang mereka punya. Tidak perlu membayar parkir untuk bisa ngadem seperti yang biasa kita lakukan kalo maen ke mall. Parkir aja motornya di pinggir jalan, dan hawa sejuk pegunungan datang sendiri menghampiri kita. Ketika kita mendaki gunung inipun, kita juga bisa melihat jajaran pegunungan lain yang ada disekitar gunung serta desa-desa, hutan yang rimbun, danau rawa pening serta persawahan yang tertata sangat apik dibawahnya.  seperti yang bisa kita lihat di gambar-gambar dibawah ini :

Kami sempat hampir putus asa karena jalannya terus memutar dan kami tidak sampai-sampai ke puncaknya. Kami memutuskan apabila setelah belokan ini (ngga tau belokan keberapa) masih belum sampai-sampai ke puncak, kita memutar saja dan kembali ke Salatiga untuk makan. Tapi ketika kami melewati belokan yang dimaksud, ternyata kami sudah sampai :D

Puncak Gunung Telomoyo. Menara-menara pemancarnya seperti menyentuh langit.

Kami berfoto didepan papan petunjuk bertuliskan PERUMTEL (kini: Telkom Indonesia)

—————————————————————————————————————

Inilah bukti otentik kalo kami benar-benar mencapai puncak Telomoyo

Setelah puas berfoto-foto di puncak gunung Telomoyo, akhirnya kami melanjutkan perjalanan kami ke Salatiga untuk makan siang. Kami memutuskan untuk makan siang di seputar alun-alun Kota Salatiga. Disana banyak rumah makan tersebar di sekitar alun-alun, sehingga kita bisa memilih sesuai dengan yang kita inginkan.

Setelah puas makan-makan di alun-alun Kota Salatiga, kami memutuskan untuk kembali ke Semarang. Sejujurnya, Telomoyo adalah puncak gunung pertama yang saya daki. :)

8 thoughts on “Gunung Telomoyo. Salah Satu Gunung yang Puncaknya bisa Didaki dengan Mobil

1. saya sudah beberapa kali lewat di kaki telamaya tapi belum pernah ke puncaknya, kalau merbabu malah sudah 2 kali ke puncaknya.

2. sekarang kalau mau ke puncak telomoyo naik mobil kok sulit , bulan juli kemarin saya pake panther sampai di tengah muter turun lagi ga berani nerusin naik aspalnya udah banyak yg hancur kecuali naik jeep / mobil yg 4wd yang agak tinggi baru bisa karena jalannya sudah seperti sungai kering kalau naik motor sih oke oke saja

3. sama dong mas.tapi kalo aku naik ke puncak telomoyo setiap lebaran.aku sudah naik ke puncak telomoyo 7X mas

4. tenang ajh brad semua…. karena sebentar lagi gunung telomoyo akan di jadikan ajang GANTOLEO/paralayang international… dan startnya di telomoyo finish di ambarawa,rawa pening….dan jalan pun akan kembali spt semula spt 7-8 tahun ang lalu…dan jika kalian senang mendaki coba saja mendaki di gunung telomoyo…karena sekaran suadah ada jalur pendakian yang telah di buat oleh pemuda setempat, di desa DALANGAN…..