Economy and Business

Apakah Lulusan Universitas Sudah Pasti Siap Kerja?

Beberapa dari kita memilih untuk melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi atau Universitas dengan harapan kelak ketika lulus akan mendapatkan pekerjaan yang layak, gaji yang cukup besar, dan memperoleh penghidupan yang lebih baik. Tapi kenyataannya sering dijumpai di masyarakat lulusan sarjana ada yang kesulitan memperoleh pekerjaan sehingga mereka ada yang menunggu mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu yang cukup lama setelah mereka lulus. Sehingga muncul pertanyaan di benak kita, apakah lulusan Perguruan Tinggi atau Universitas sudah pasti siap kerja sehingga bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan?

Jawaban pertanyaan ini aku dapat dari diskusi di kelas Manajemen Sumber Daya Manusia ketika aku masih duduk di bangku semester tiga lalu bersama dosen MSDM yaitu bapak Drs. Mudji Rahardjo,SU yang terkenal keras itu. Ternyata beliau itu sangat keras dan sangat disiplin orangnya karena beliau pernah menjadi instruktur di Akademi Angkatan Laut di Surabaya… Aku hanya ingin berbagi dengan kalian tentang apa yang aku dapat di kelas dulu…

Pada saat kita sedang membahas bab Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development), beliau melontarkan sebuah pertanyaan kepada kelas,”Apakah lulusan Perguruan tinggi itu sudah siap kerja?” setelah melalui perdebatan panjang dengan sang dosen, akhirnya beliau menjawab:

Lulusan Perguruan Tinggi setelah lulus itu bukan siap kerja, tapi SIAP LATIH!

Oleh karena itu, nggak mengherankan meskipun mungkin ada yang lulus dengan IPK nyaris 4 ketika masuk ke dalam tempat kerja dia masuk bersama karyawan lain dengan IPK yang mungkin hanya 3,35 yang bisa dibilang nyaris melebihi syarat administrasi tapi pada akhirnya keduanya tetap harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan yang kemudian kita biasa kenal dengan istilah OJT (On the Job Training).

Lamanya masa OJT-pun bermacam-macam. Ada yang dalam hitungan minggu, bulan atau mungkin ada yang dalam hitungan tahun. Tergantung perusahaannya. Nama programnya pun bermacam-macam pula, ada yang namanya Program Pengembangan Staf, dll.

Jadi, begitulah kawan… Ternyata setelah luluspun masih ada satu fase yang harus dilewati sebelum terjun ke dunia kerja. Dan kadang-kadang ada perusahaan yang apabila tidak meluluskan trainee-nya, maka dia tidak diterima di perusahaan tersebut. Jadi, persiapkanlah diri mulai dari sekarang. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s