Bersahajanya Raja George V dari Inggris, Imperium Terluas di Dunia

Raja George V adalah raja Inggris yang memerintah dari tahun 1910 hingga tahun 1936. Di masa kekuasaannya, wilayah Inggris membentang dari Kanada di barat hingga kepulauan kecil yang terletak di samudra Pasifik di timur. Bahkan negara ini sempat dijuluki negara yang mataharinya tidak pernah tenggelam karena saking luas wilayahnya. Kemengangan Inggris pada Perang Dunia I juga makin memperluas wilayah imperium yang sudah luas ini dengan dimasukkannya bekas-bekas koloni Jerman di Afrika dan Asia kedalam kekaisaran ini.

Peta Wilayah Imperium Britania pada Tahun 1920an

Peta Wilayah Imperium Britania pada Tahun 1920an

Bepergian Tanpa Pengamanan

Sudah seharusnya seorang kepala negara mendapatkan pengawalan ketika bepergian kemanapun seperti yang bisa kita lihat di masa modern seperti sekarang ini. Bahkan kini para walikota di Indonesiapun juga mendapat pengawalan ketika bepergian. Apalagi kalau memimpin sebuah kekaisaran besar seperti Imperium Britania? Namun kenyataannya, ketika Raja George V bepergian dengan kereta kudanya, beliau tidak dilindungi oleh pengamanan. Bahkan pengemispun bisa berlari mengejar kereta kuda beliau seperti yang terlihat di gambar di bawah ini:

Pengemis Berlari Mengejar Kereta Raja George V

Pengemis Berlari Mengejar Kereta Raja George V

Raja George V adalah Sepupu Tsar Nicholas II dari Kekaisaran Rusia

Raja George V ternyata juga masih berkerabat dekat dengan Tsar Nicholas II dari Rusia yang saat itu juga merupakan salah satu negara terluas di dunia. Jadi bisa dibayangkan apabila kedua kerajaan ini bersatu, kerajaan ini akan menjadi suatu kerajaan terbesar yang ada di muka bumi. Tapi sayangnya mereka tidak pernah berpikiran demikian. Bahkan pada saat pecah revolusi Bolshevik pada tahun 1917, Raja George V enggan menolong sepupunya yang sedang kesusahan itu sehingga sepupunya dan seluruh keluarganya terbunuh dalam peristiwa revolusi bersejarah tersebut.

Tebak, yang manakah Raja George V dan yang manakah Tsar Nicholas II?

Tebak, yang manakah Raja George V dan yang manakah Tsar Nicholas II?

Lalu menurut Anda sekalian, seandainya Anda berada di posisi Raja George V, apakah Anda akan bertindak seperti beliau yang pergi kemanapun tanpa pengamanan? Atau malah pengamanan Anda akan berlapis-lapis?

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: